Pages

Friday, June 24, 2011

Simpati(?)

Ternyata kangen untuk update setiap hari itu ada juga yah :) kemaren sempet pengen mengulang lagi kegiatan update tiap hari, tapiiiii sekali lagi terbentur rasa malas dan sinyal yang benar-benar menguji kesabaran -_-“

Jadi ya, mending lah sekarang udah mulai update lagi walau sekali lagi mungkin hanya seminggu sekali --" dan isinya hal-hal yang tetep aja sie dari dulu, nggak penting :))

Tadinya mau cerita tentang tingkah polah BabyZi yang terbaru :D tapi kan niatnya sebulan sekali, tapi emang loh… banyak hal yang ternyata sangat amat menarik yang pengen di share disini :p tapi entar lah ya mungkin awal bulan depan aja :D

Sekarang lagi pengen nulis tentang sharing secara nggak sengaja sama anyin, melalui jejaring yang namanya twitter. Kenapa aku bilang secara nggak sengaja, karena aku awalnya cuman maen samber aja dari twit yang dibuat anyin pagi itu, dan akhirnya tercipta sedikit “percakapan” dan sama anyin dibilang sebagai sharing indah di pagi hari :)

Twit anyin itu mungkin intinya tentang “Kepada siapa kita bisa share masalah kita?”
Pendapat dari anyin : bahwa orang yang terbaik yang mengerti pahitnya hidup kita adalah orang yang juga mengalami kepahitan yang sama. Orang yang hidupnya bahagia-bahagia saja biasanya akan salah tanggap atau menilai kita dengan salah, egois. Pengennya dimengeri tapi nggak mau mengerti. Mereka biasanya melupakan fakta bahwa mereka nggak tau rasanya terjatuh telak, jadi jangan berharap banyak untuk bisa sharing beban kita kepada orang ini.” #to Anyin : tolong ralat kalau ada yang salah yah -_-?#

Dan aku awalnya manggut-manggut aja sie :) dan kemudian nge-reply : kadang ada juga yang mencoba bersimpati tapi dengan cara yang salah :)

Memang nggak mudah berbagi tentang apa yang sedang kita rasakan pada orang lain, karena belum tentu mereka akan benar-benar mampu merasakan apa yang sedang kita rasakan, walau pasti ada beberapa orang yang bilang “aku ngerti kok apa yang kamu rasakan” Aku sendiri bahkan kadang nggak akan percaya kalau ada orang yang bilang gitu, walau mungkin aku sendiri tau dia pernah merasakan keadaan yang jauh beda dengan yang aku alami, tapiiiii tetep situasi berbeda, keadaan berbeda daaaaaan sekarang ama dulu itu jelas berbeda :)

Aku membaca satu buku, judul “Remember When” #eh, jadi keinget belum buat reviewnya -_-”# dan disitu sepertinya ada hal yang bisa menggambarkan tentang apa yang sedang aku tulis.

Seorang anak laki-laki kehilangan ibunya, dan ia merasakan kehilangan yang amat sangat. Rasa kehilangan yang baginya tidak akan ada yang bisa mengerti bahkan sahabat-sahabat terdekatnya, bahkan pacarnya sekalipun. Ia justru tersiksa berada didekat mereka, bukan karena ia masih merasa kehilangan tetapi justru karena perhatian dari mereka, tatapan yang memandang dengan rasa kasihan, khawatir, dan bersimpati. Dia justru merasa tersiksa oleh semua itu.

Ia justru merasa tersiksa dengan semua itu, dan ia lebih bisa dekat dengan seseorang yang memperlakukannya dengan biasa saja, tanpa tatapan yang berbeda, bahkan mungkin ia mendapati bahwa orang tersebut juga merasakan apa yang ia rasakan tanpa harus bilang secara langsung. Ia hanya merasakan itu dari tatapan yang juga memiliki kekosongan yang sama karena memang ya… orang itu pernah mengalami kehilangan yang sama dengan dirinya.

Satu hal yang bisa aku ambil dari sharing sama anyin itu, yaitu selain kita emang harus pinter cari orang yang bisa menjadi temen sharing tentang permasalahan kita, tentang perasaan kita, disitu kita juga belajar bagaimana menjadi teman yang baik bagi orang lain yang sedang menghadapi masalah :)

Menempatkan diri pada posisi orang lain memang tidak mudah, tapi dengan mencoba terlalu peduli kadang juga bukan pilihan yang baik. Bahkan ada saatnya dimana kita lebih baik menjauh saat ada sahabat yang sedang tertimpa masalah, hanya pastikan kita tetap ada #nah looooh, mbulet kaaaan :p# Saat seseorang membutuhkan kita, hanya perlu kita pastikan bahwa ketika ia membutuhkan kita, kita ada untuk dia. :D

Thx Anyiiiiin, jadi punya bahan update nie :)

13 comments:

  1. Selamt siang kak...,

    Wah, sepertinya sudah mulai aktif main blog nih..!!

    ReplyDelete
  2. Hmm mungkin kalo sekedar simpati sih banyak orang yang bisa mbak, tapi untuk berempati itu susah sekali ya. Tapi mungkin bener yang kayak mbak bilang, pinter-pinter memposisikan diri aja ama masalah yg sedang dihadapin sahabat kita.
    Aku termasuk orang yang susah juga ngungkapin apa yang sedang aku rasain, jadinya terkadang perhatian teman yang berlebihan juga bisa nambah pikiran aja, hehe... aneh ya :p

    ReplyDelete
  3. Bersimpati itu mungkin lebih mudah dari berempati ya mbak. Bener mbak bilang, terkadang terlalu banyak perhatian ke teman malah bikin dia jengah. Mungkin lebih bagus pinter-pinter memposisikan diri aja ya mbak ama masalah teman :)

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum..
    Sangat setuju dengan kata-kata yang terakhir..dear.apa kabar sist,moga sehat-sehat saja ya Rabb.
    Wassalam..

    ReplyDelete
  5. kalau saya memilih orang yg mengalami kepahitan yg sama itu bukan lantaran pengen curhat2 panjang... tiap ada masalah malas cerita2.... sekalipun sama temen, sahabat yg udah kenal banget... pengalaman saya bilang itu ngga bagus mbak.. jadi kadang emang gak usah banyak ngarep sahabat itu balik sayang sama kita kyk kita sayang sama dia.. suatu saat cerita2 itu bisa berkoar kemana2...entah saya sih susah banget percaya sama seseorang mbak... kecuali saya ngerti ah ternyata dia sama2 tahu pahitnya hidup sama kayak saya, baru saya punya kepenginan buat cerita balik...

    ReplyDelete
  6. setuju bgt sih kalo org yg paling mengerti kita adalah yg pernah merasakan hal yg sama.
    saya jg kadang klo curhat, harus liat2 dulu, ini org yg di curhatin pernah ngerasain nggak ya...?

    ReplyDelete
  7. rajin rajin nulis dong inge
    gimanapun juga inge kan seleblogger
    perkembangan anak dan ibu
    temen-temen pasti pengen tau..

    ReplyDelete
  8. hehehe... bukannya itu namanya empati yah?.. bedanya empati sama simpati apaan sih emangnya?
    #halah
    #gak penting


    moga bumil dan babyZi zehat walafiat yaaa

    ReplyDelete
  9. punya teman sharing itu indah yah.. skarang aq ga punya ne, cm bs sharing di blog aja.. koz sobat ge pada sibuk ngurusin kluarganya.. hikz.. uwa:(

    ReplyDelete
  10. sharing itu kebutuhan pokok kayaknya yaa...

    kalo ada masalah, pasti kita pingin sharing, tapi ada kalanya juga gak pingin sharing. hehehehee

    yang pasti, alhamdulillaaaah punya teman2 yang bisa dijadikan tempat sharing
    termasuk sahabat blogger semuanya
    bukan begitu Bumil???

    ReplyDelete
  11. sharing merupakan hal mengasikkan dikala suka maupun duka. dg teman, sahabat, keluarga atau bahkan dg diri lita sendiri. Tp paling baik adalah dengan Tuhan..

    ReplyDelete
  12. memang bener harus dipilih krn kita butuh pendapat yg mencerahkan toh :)

    ReplyDelete

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^