Pages

Friday, January 14, 2011

Ditelanjangi?!

Ada beberapa perubahan nie yang terjadi, apa itu... ah pokoknya ada dech hihihi #diganyang-narablog-yang-baca

Ah, sudahlah apapun perubahannya semoga nantinya menjadi lebih baik, bukan begitu? :)

Sekarang mari kita bicara tentang telanjang-menelanjangi >.< beuuuuuuh!!

Jangan ngeres dulu sodara! :p

Pengen ngebahas tentang tulisan kok bukan yang macem-macem :)

Kemaren waktu buka twitter dapet satu kalimat bagus di TimeLine punya salah satu temen di twitter yang gabung dengan #30harimenulispuisi (udah selesai dan mau dimulai lagi, yay!!) dia adalah Adrian dengan twitternya @SilenceHart

Kalimat itu adalah :

"Saya lebih suka puisi saya dikorek dan ditelanjangi, lalu diberi saran yg bermutu, untuk kemajuan puisi saya. Daripada memuji dengan dusta."

Mungkin kalau tulisan macam curhat seperti yang ada di blog ini mah ndak perlu sampe di telanjangi kali yah, cukup dengan di baca dari awal sampe akhir secara tuntas dan kalau memang mau kasih komentar bukan hanya sekedar komentar kentut #ups-kok-kentut-lagi-hehe tapi komentar yang nyambung aja pasti dah seneng yaaah :)

Tapi ketika kita menuliskan sebuah karya seperti puisi atau prosa atau cerpen kadang yang dibutuhkan adalah komentar berupa saran dan kritikan. Bukan sekedar nice post! he he...

Kemudian kemaren sempet ngobrol sama seorang temen yang juga ikutan #30harimenulispuisi via twitter. Tentang komentar-komentar kita yang sering "merusak suasana"

Maksud dari merusak suasana disini adalah komentar lucu atau sedikit mlesetin makna dari puisi yang dibuat... emang sie buat seneng jadi sebuah hiburan tersendiri sampe ngakak sendiri gitu :)) Puisi yang tadinya romantis malah buat ngakak setelah baca sampe dikotak komentar. Nah kalau yang kaya' gitu gimana?

Tapi ada yang berbeda antara komentar kentut dengan komentar yang merusak suasana, kalo komentar kentut ada maksud tersembunyi dibalik komentarnya, apa itu? Yah hanya yg ngetut dan Tuhan yang tau sie :)) aku hanya menerka-nerka hahaha... dan kalau komentar yang merusak suasana, kita sie baca keseluruhan cuman nggak tau mau komentar apa dan akhirnya komentar kita walau sedikit nyambung dengan isi tetep aja akhirnya merusak suasana :)) #eh terus bedanya apa? cari sendiri dech wkwkwkwk

Kadang masalah telanjang menelanjangi sebuah tulisan memang kita sedikit segan karena mungkin merasa kita sendiri belum mampu untuk menulis lebih baik daripada apa yang kita baca, tapi dengan berkomentar memberikan pendapat kita tentang apa yang kurang itu lebih baik dari pada memuji tapi semua itu tidak dari hati :)

Untuk sebuah kemajuan, kadang kita membutuhkan masukan berupa kritik dan saran, dan kadang pujian yang terus menerus justru bisa membuat kita jalan ditempat atau bahkan jatuh sendiri :)

So sahabat, pilih mana? mendapat pujian atau kritikan :)

Kalau Inge sie... dasarnya narsis ya seneng di puji tapi ngarep juga dapet kritikan :))

To Arai :

seketika waktu terasa begitu sempit
berusaha tuk telanjangi segala rasa
tapi bagaimanapun itu
tak dapat menyempitkan rasa yang ada
ketika aku tetap memilih inginku

mencintaimu, hanya kamu!

45 comments:

  1. yups, memilih dikritik, tapi siap dengan segala kritikan yg masuk.
    siap dipuji, tapi jangan bikin ke awang2.
    hehe...

    ReplyDelete
  2. arai dah baca notenya belum ya? ehem... :)

    ReplyDelete
  3. bagiku yg tidak mengerti puisi, memahami puisi itu sulit, apalagi jika memakai bahasa puisi tingkat tinggi.
    yg sangat mengerti ya yg nulis sendiri... :)

    ReplyDelete
  4. emang nge^^
    chika kadang pernah merasa janggal ama sebuah puisi, tapi gx enak buat komentar karena chika merasa penulisan chika pun tidak lebih baik...

    chika pernah dikritik habis2 an ama ayah yang bilang "tulisan chika picisan"
    wkwkw.. namanya anak muda...
    tapi akhirnya lama2 jadi tambah semangat setelah dikritik kayak gitu...
    ^^

    dikritik bukan berarti tulisan kita jelek, tapi belum sempurna aja... hihi.. eh kalo dipuji seneng juga sihh

    ReplyDelete
  5. jadi serba salah gitu ya nge?.. mau komen, dibilang kentut.. mau muji, dikira dusta.. eh, mau ngritik malah dikira gak suka.. kalo saya sih kembalikan lagi buat pembaca.. kan mereka yang menikmati. hehehe

    ReplyDelete
  6. jujur aja, saya ngga gitu ngerti puisi sih. kalo saya baca n bisa membayangkan isi puisinya baru saya puji. tapi utk menelanjangi, saya kurang bisa. hehehe

    ReplyDelete
  7. kadang untuk mngkritik yang baik itu haruslah disertai pengetahuan yang baik dan cukup tentang apa yang akan dikritik...puisi misalnya...
    kalo puisi2 mbak inge dilihat oleh seorang awam tntng puisi (ky saya misalnya), akan terlihat bagus n puitis banget..cuma beda lagi kalo yang liat udah expert masalah hal yang sama...its all about who read it and what he/she know about it...(ah..saya jadi nglantur and sotoy gini deh)...udah ah...puisinya mbak inge bagus n romantis2 ko :D

    ReplyDelete
  8. oke deh nge, nanti coba di kritik ya... ehh kritik apa kripik nih?? hehehe... sejujurnya aku kurang bisa menilai suatu puisi, karna pemahaman tiap pembaca bisa jadi berbeda2, jadi kalo memang agak beda dari maksud puisi itu menurut penulisnya, ya harap dimaklumin, hehehe apalagi aku blm tentu bisa buat yang seperti itu (puisi)

    ReplyDelete
  9. lebih seneng dapat kritikan hehe biar ak bs tau dimana kekurangan yg harus diperbaikin :D
    tp nge ak klo disuruh nilai puisi gak ngerti :p

    ReplyDelete
  10. kalau aku di suruh milh mending pilih semuanya aja deh..

    ReplyDelete
  11. balik lagi inge, kalau akunya gak bisa nulis puisi ataupun cerita makanya kalau baca milik orang lain yg bisa menulis dan membuat puisi bagiku itu sangat bagus :) karena apapun itu merupakan hasil karya kerja keras dan kesungguhan harus wajib kudu dihargai, kecuali klo jadi juri yah hehehe

    ReplyDelete
  12. oke deh aku kritik...
    jadi mau ngemil kritik pedas atau yang ada bumbu kejunya? (nah loh)

    baca doang, gak koment gak papa kan?

    ReplyDelete
  13. mbak inge artikelnya bagooss...

    kalo aq pasti pilih dua2nya.. hehehe

    ReplyDelete
  14. Kritik saran asal membangun ya :) kalo kritik yg pedes bisa nyinggung juga :d

    ReplyDelete
  15. Untuk sebuah kemajuan, kadang kita membutuhkan masukan berupa kritik dan saran, dan kadang pujian yang terus menerus justru bisa membuat kita jalan ditempat atau bahkan jatuh sendiri :)

    seneng banget sama itu nge.. :)
    sepakat.. :)

    kalo terus2an dipuji malah bakal gede kepala dan gak bergerak maju, merasa cukup.. :)
    tapi dg kritikan, kita bisa instropeksi untuk lebih baik.. so, aku siap ditelanjangi... Ow,,ow.. heheh

    ReplyDelete
  16. Emang rasanya basi juga kalo semua koment yg masuk memuji kita, padahal blm tentu pujian yg ditulis sama dengan yg dirasa.
    Eh, gw senang ko kalo km mau mengkritik puisi puisi / tulisan saya.
    Gimana mau coba ?

    Salam.. .

    ReplyDelete
  17. Masalahnya aku tak pandai utk memahami puisi... jadi mungkin saja komentarnya malah gak nyambung atau malah merusak suasana... hahaha

    ReplyDelete
  18. Pengennya sih komen yg benar dan sesuai dg puisinya, tapi seringkali sulit sih... hiks...

    ReplyDelete
  19. kutelanjangi dirimu dengan kata telanjang milikku
    kau pun tak kunjung telanjang karena aku tak mampu
    sudah, aku berputus asa
    aku hanya blogger biasa
    tak bisa menelanjangi
    karena aku tak berani

    ReplyDelete
  20. Wah...kalau merusak suasana biasanya saya tuh...hehe, habis...saya kadang merasa kurang lengkap kalo ga nyepam...hehe. Maaf deh..klo komen saya malah merusak suasana :)

    ReplyDelete
  21. iia harus jujur apa adanya lah.. :(
    saiia lebih suka diskusi dari pada pujian dsb :(

    ReplyDelete
  22. Saya pengennya sih ngritik, tapi ga ngerti mana yg kudu dikritik, soalnya puisi saya payah -_-'
    Makanya yg keluar paling ya..owh good good hehe :)

    ReplyDelete
  23. Kritik mengkritik itu penting. Tanpa kritik, kita tidak akan berkembang dan cenderung stagnant. Yang perlu dikembangkan adalah meluaskan hati agar bisa menerima kritik ^_^

    ReplyDelete
  24. maaf baru sempet mampir nin. btw,,sbnrnya mungkin bukan komentar dusta ya..(ngutip diatas) tapi kalo daku pribadi sih..emang ndak ngerti puisi. hehe o.O menurut ku semua puisi bagus @__@ piye tuh ya hueheuheu

    ReplyDelete
  25. Yg ngerti puisi ajarin q dong....
    difollow jg blogspot q,,
    jgn lpa dicomment ya..

    ReplyDelete
  26. iya juga ya..
    puisinya memang harus diulas
    kalau saya, saya pilih kritikan beserta dengan saran yang membangun

    ReplyDelete
  27. Masalahnya, puisi itu biasanya make bahasa yang susah dimengerti secara langsung. Jadi, wajar menurut saya kalo puisi2 tsb diinterpretasikan berbeda oleh orang2. Makanya, jadilah komentar2 yang mungkin seperti mempermainkan puisi itu.

    Hihihi, indahnya puisi yang terakhir. Arai baca nggak? Dikasih tahu ke dia nggak? Pasti tersipu dan senang dia.... :oops:

    ReplyDelete
  28. Akalua ingin terus lebih maju, memang kita jangan menutup diri terhadap kritik.

    ReplyDelete
  29. kalau aku lebih senang dikritik habis2n dgn orang yg mengerti tentang puisi n di puji dgn orang yg tdk berdusta.

    ReplyDelete
  30. ituLah saLah satu bagian dari fungsi komentar, yakni meramaikan suasana dengan berbagai rangkaian kaLimat masukan maupun kritisi atau dengan kata Lain saLing meLengkapi sebagai tempat ajang berbagi.

    tidak ada kritis untuk uLasan di atas, justru ingin memujinya. bagus Mbak tuLisannya, keren deh. wkwkwkwk.......

    ReplyDelete
  31. Yang menjadi masalah banyak orang yang kadang tidak terbiasa menerima kritikan, sekalipun itu adalah sebuah kritik yang membangun .....

    ReplyDelete
  32. saya akhirnya punya kesempatan bertemu dengan Arai nya mbak Inge :D

    ReplyDelete
  33. suka sih gw nulis puisi, walo ga terlalu ahli juga... btw judulnya agak-agak gimana gitu.... hehehehe

    salam kenal ya

    ReplyDelete
  34. MBa Inge.. lama gak kesni...
    Banyak yg berubah yaa..

    Hehe... baru tau kalo ada istilah "komentar kentut"...

    ReplyDelete
  35. kalo pujiannya ga berlebihan sih aku rasa wajar

    ReplyDelete
  36. setuju mba, pujiannya jgn banyak-banyak, tetep ada kritiknya.. :)
    etapi, penggal puisi diatas itu.. pilihan katanya biasa, tapi ngenaaa gt mba.. tulusnya kerasa sampe kemari.. :)

    baru mampir ne mb, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  37. Ketika sebuah karya puisi di publish, memang sudah menjadi hak pembaca untuk menjadikan puisi tersebut bebas diterjemahkan sesuai penafsirannya. Terkadang memang, tidak semua komentar yang datang justru sesuai dgn yg kita harapkan, apalagi di blog. kalau di fb, publish karya bisa dengan Tag terhadap teman2 sesama penggemar sastra yg mengerti dgn karya puisi, sehingga komentarnya kadang mengkritisi membuat merah muka, tetapi kembali kpd diri kita, setiap orang memiliki penafsiran dan karakter yg berbeda... saran sy jika ada yg berkomentar asbun, biarkan saja..atau tanggapi baik baik saja. :)

    Salam Kenal, maaf ya baru datang sudah nyerocos sok akrab, hehehe....... :)

    ReplyDelete
  38. berusaha mencoba memahami
    tapi belum paham bener :D

    ReplyDelete
  39. 2nya penting, selama berdasar dan sesuai konteks :)

    ReplyDelete
  40. Lebih seneng dapet kritikan biar bisa memperbaiki :),

    ReplyDelete
  41. sebenarnya saya ingin menelanjangi karya puisi seseorang, tapi saya bukan pujangga, bagaimana dong? :D

    ReplyDelete
  42. wah wah
    gimana cara menelanjanginya??
    melepas kancing baju puisinya aja gak bisa...
    gak tau caranya...

    ReplyDelete
  43. jangan telanjang Tante
    nanti malu lho...

    hihihihihi

    iya deh nanti ya Tante Inge
    kalo Dija sudah pinter
    sudh sekolah
    sudah ngerti puisi
    nanti kita diskusi soal puisi yaaa

    bingung juga
    soalnya puisinya tante Inge kan bagus
    buktinya...puisinya yang buat Dija itu,, bikin semua orang terharu kok

    bagus kan artinya??

    ReplyDelete
  44. kalo daku demen ngritik..demen juga kalo ada temen yg kritik. kritikan bikin kita intropeksi. hayukkkk ditunggu kritiknyaaaaa

    ReplyDelete

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^