Pages

Tuesday, November 13, 2012

Dilarang panik! Cari info sebanyaknya!

Buat seorang emak, kalo anak sakit itu selain sedih ada saat-saat dimana bisa tanpa sadar langsung panik sendiri. Padahal itu hal yang harus dihindari saat anak lagi sakit, karena saat panik bisa jadi keputusan yang diambil jadi lebih ceroboh dan malah memperparah keadaan.

Nah, untuk coba meredam rasa panik sebagai emak aku bisa dibilang masih belajar. Alhamdulillah, Baby Zi jarang sakit, tapiiiii karena jarang sakit itu akhirnya begitu sekalinya sakit kadang emaknya ini jadi seperti jadi orang yang paling kurang pengalaman :( Tapi tetep nggak maulah ya kalo anak sering sakit buat dijadikan pengalaman. :)

Hari Selasa kemarin, Baby Zi mulai menunjukkan tanda-tanda akan sakit. Pagi sie masih nggak apa-apa masih ceria, jalan kelilingin rumah. Berhubung jalannya masih sedikit nggak imbang emaknya tetep harus selalu berada deket dia. Ternyata walau berusaha tetep berada dibelakang Baby Zi, eeeeeeh... jatuh juga. Mana natap pager lagi :( jadilah Baby Zi nangis kejer. Gimana nggak kejer, lah wong bibir bagian kiri atasnya sobek dan berdarah.

Saat itu beneran langsung jantung emaknya ini berasa copot aja. Tapi walau merasa begitu tetep harus berpikir cepet, langsung angkat Baby Zi, sambil gendong dia ambil kapas, tisu, air putih dan es batu. Bersihkan mulutnya yang udah lumayan banyak darahnya, wah meronta-ronta donk Baby Zi, kudu dipegangin kuat-kuat. Selesai bersihkan kasih es batu, dan sesekali kasih minum. Masih nangis tapi udah nggak kejer.  Alhamdulillah, darah berhenti dan nangisnya mulai reda, apalagi begitu dikasih ice cream :D

Setelah jatuh itu, Baby Zi masih bisa becanda-becanda, ketawa ketiwi kaya' nggak ada kejadian jatoh.

Malemnya, atau lebih tepatnya besok subuhnya sekitar jam 3 waktu baby Zi minta mik susu kok aku ngerasa badannya sumer, tapi karena nggak rewel jadinya setelah mik susu baby Zi tidur, emaknya ini ikutan tidur juga :p Eeeeeeh, pas paginya badan Baby Zi masih anget gitu, jadinya yang biasa mandi air dingin jadinya mandi air hangat, kan berendam air hangat bisa membantu menurunkan panas badan, dan biasanya setelah mandi air hangat langsung turun panasnya.

Tapi hari itu berbeda, ternyata baby Zi siangnya badan malah tambah panas, aku periksa sampe 38'C. Tindakan pertama adalah coba kompres air hangat, kemudian metode skin to skin. Panasnya turun bentar, tapi nggak lama naik lagi dan baby Zi jadi agak rewel karena ngantuk dan mungkin karena badannya nggak enak dia nggak bisa tidur. Akhirnya diputuskan kasih parset*mol. Sore badannya udah lumayan mendingan tapi diputuskan nggak mandi cuman di seka ajah.

Malam harinya, ternyata badan baby Zi makin panas dan hampir mencapai 39'C, panik laaaaah. Rabu malam itu, baby Zi sedikit susah tidur, mintanya di gendong aja. Ya udah daripada baby Zi nggak tidur, mending emaknya yang nggak tidur, kesian. Setelah jam 3 baru tidurnya mulai nyenyak. Alhamdulillah. Tapi panas masih belum benar-benar turun walau sudah dikasih obat lagi.

Kamis pagi Baby Zi masih panas, dan akhirnya diputuskan bawa ke dokter. Walau biasanya nunggu 3 hari kalau masih tetap seperti itu baru dibawa ke dokter tapi karena panas mencapai 39'C maka tidak ada alasan untuk menunda.

Dokter bilang ada radang tapi nggak parah, karena tenggorokan merah samar. Alhamdulillah baby Zi masih doyan makan walau nggak selahap biasanya. Diagnosis dokter ada yang bikin deg-degan yaitu baby Zi ternyata ada fimosis. Kata dokter, fimosis itu istilah untuk saluran kencing di penis baby Zi itu kecil dan itu bisa jadi menyebabkan radang dan infeksi. Masukan dari dokter kalau panasnya udah teratasi kalau bisa baby Zi secepatnya di sunat. Aaaaaak, bener-bener nggak siap dengan usul dokter yang inih. Panik lagi tapi berusaha kalem didepan dokter.

Pulang dari dokter berbekal resep, ke apotik dulu buat nebus tuh resep. Nah selama nunggu obat disiapkan lewat HP cari tau apa itu fimosis.

Nunggu obat 20 menit itu ternyata ada hasilnya, jadi lebih tau tentang fimosis dan juga tau tentang sunat dini :) Sedikit lega karena ada bekal nantinya kalo memang baby Zi harus disunat, tinggal nanti di rumah nyari info lagi tentang Fimosis itu. Oia kata dokter kalau sampai jum'at sore baby Zi masih panas kudu tes darah dan tes urine.

Ternyata pulang dari dokter, setelah minum obat baby Zi langsung tidur, dan saat bangun suhu badan sudah kembali normal bahkan baby Zi udah main-main lempar tangkap bola. Alhamdulilllaaaaaah, lega seneng. Eeeeeeh tapi ternyata malamnya panasnya mulai naik lagi dan tetep hampir mencapai 39'C aaaaaaak. Tetep berusaha buat baby Zi tenang dan tidur. Siap obat, air minum, air anget untuk kompres.

Pagi panasnya turun tapi diputuskan tidak menunggu sore untuk periksa darah dan urine, siang itu kembali ke RS. Berhubung hari jum'at ternyata polinya cuman sampe jam 11 jadinya kita lewat UGD, untung udah ada surat pengantar dari dokter, jadinya bisa langsung periksa darah dan urine. Dan setelah menunggu 2 jam yang alhamdulillah baby Zi nggak rewel cuman nangis pas diambil darahnya doank setelah itu tidur puleeees. Maklum sie di tempat ber AC -_-"

Hasil tes darah dan urine dibawa lagi ke dokter jaga di UGD buat dibantu baca hasil tesnya. Ternyata semua baguuuuuus. Sempat cerita kronologisnya sampe harus tes darah dan urine itu, dan bilang juga tentang kemungkinan sunat dini. Ternyata kata dokternya nggak ada hasil yang menunjukkan adanya infeksi pada baby Zi jadi kemungkinan untuk sunat masih bisa ditunda. Alhamdulillaaaaah.

Jum'at malam, suhu baby Zi udah bener-bener normal. Tapi kemudian dibagian dahi muncul ruam merah. Awalnya ngira karena kemarin-kemarin pas panas kan nggak keluar keringat dan akhirnya keringatan jadinya seperti biang keringat. Eeeeeh, sabtu pagi kok ruamnya makin banyak dibagian muka dan tangan serta sebagian kaki. Sempat mengira juga kalau baby Zi alergi udang, karena hari sabtu itu baby Zi aku buatin bihun goreng dengan banyak udang dan telur orak-arik didalamnya. Aku kira karena kebanyakan udang dan telur.

Minggu siang, ada tetangga yang bilang sepertinya kena gabang dech itu. Gabag? Waduh gimana ini, bener-bener nggak tau gimana penanganannya cuman tau kalau dikasih kunir madu juga dibedakin sama bedak seperti bedak calad*ne gitu. Cari-cari lagi info di google. Dapet info kalau bisa dengan air kelapa muda yang ijo. Akhirnya sore itu beli air kelapa muda, dapetnya yang biasa, nggak dapet yang ijo. Gak apa lah untuk sementara. Kalaupun bukan gabag tp alergi kan air kelapa juga bisa sebagai obatnya toh :)

Malam itu baby Zi agak rewel lagi tapi nggak lama, pokok dia nggak kepanasan aja udah dech ayem aja. Alhamdulillah juga malam itu ujan jadi udara nggak sepanas biasanya. :) Jam 12 baby Zi udah tidur pules, kebangun cuman minta mik susu or mik air putih. :D

Sempet udah rencana senin kalo masih ruam-ruam mau kasih kunir madu, mau beli degan ijo, mau dibaluri parutan jagung muda, mau masak kerang di sayur bening. Laaaah kok alhamdulillah senin pagi pas bangun dan diseka ruamnya sudah hilang :) Ada beberapa bagian yang masih sedikit samar, tetapi makin siang ruamnya hilang bener-bener hilang.

Awalnya sempet was-was sie, kok cepet sedangkan info yang dari inet sepertinya agak lama, tapi tetap mengucap syukur alhamdulillah. Masih belum sempat kontrol lagi ke dokter, tapi besok Rabu ada jadwal posyandu dan bakal ada dsa disana karena ada suntik difteri masal, bisa sekalian konsultasi kaaaan :)

Yah, dari semua itu belajar dan terus belajar menekan rasa panik. Karena saat panik malah bisa jadi nggak bisa ngapa-ngapain. Cari info sebanyak-banyaknya. Jaman makin canggih gini, internetan jangan cuman FB an atau Twitteran doank yak :D #mengingatkan diri sendiri :p

Alhamdulillah Baby Zi udah seger hari ini. Sudah bisa diajak bercanda, makan sudah lahap seperti sebelum sakit, apalagi kalo masaknya sup atau capcay :)) Alhamdulillaaaaaah ^^

1 comment:

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^