Pages

Tuesday, March 4, 2014

Meminta Maaf

Apa sulitnya sih minta maaf?

Mungkin ada yang pernah dengar pertanyaan seperti itu, atau bahkan mengajukannya?

Atau ada yang mengajukan jawaban seperti ini :

Nggak salah kok, kenapa harus minta maaf?

Hal menarik tentang minta maaf saya dapat dari anak-anak, Ziandra dan Zianka.

Sebelum Zianka lahir, dengan jarak yang bisa dibilang cukup dekat dengan Ziandra... sudah banyak yang wanti-wanti "harus adil mak." Dan adil itu memang tidak mudah, terlebih terhadap anak kecil.

Lalu apa hubungannya adil dengan meminta maaf?

Saat Ziandra & Zianka bermain, pasti ada saatnya (lebih tepatnya sering) mereka nggak akur. Berebut mainan!

Kalau mainannya ada dua, bisa dilerai dengan mudah. Tapi selain hambur-hambur uang buat beli dua mainan, menurut saya itu nggak baik buat anak-anak. Mereka jadi gak belajar berbagi dan mengalah. Menurut saya loh yaaaaa...

Nah disini susahnya adil, kadang merasa adiknya nih masih terlalu kecil untuk mengerti berbagi atau mungkin banyak yang berpendapat : yang besar harus ngalah. Tapi Ziandra kan belum se"besar" itu.

Jadi kalau rebutan, akhirnya dilihat dulu siapa yang pegang mainan pertama kali, karena nggak menutup kemungkinan adik yang ngerebut mainan yang dipegang mas.

Nah kadang pas emaknya ini meleng, jadi gak tau siapa yang pegang pertama. Jadi diliatin aja dua anak itu rebutan, dan kalau mas gak terima terus "mukul" adek, baru nih emaknya bertindak. Ambil mainan yang direbutin terus minta mas minta maaf ke adik.

Kadang, mas dengan suka rela minta maaf. Tapi kadang dia seperti enggan. Nah dari situ bisa keliatan kok kalo kemungkinan besar adiknyalah yang merebut. Emaknya harus jelasin kenapa mas harus minta maaf. Mungkin Ziandra belum bener-bener ngerti, tapi setidaknya dia bisa belajar, sedikit demi sedikit.

Buat anak kecil sepertinya meminta maaf itu adalah ketika mereka melakukan kesalahan yang disengaja. Kalo nggak sengaja?

Sekarang emaknya yang masih tahap ngajarin buat minta maaf, walau mungkin nggak melakukan kesalahan. :D

2 comments:

  1. Mengajarkan meminta maaaf pada anak memang perlu keadilan dan keteladan mbak..Kadang orang tua (saya khusunya) masih suka terjebak paradigma bahw yang lebih tua harus mengalah dan meminta maaf terlebih dahulu kepada adiknya dengan faktor umur seagai pembenaran..
    tapi disana saya melihat malah jadi tidak mendidik buat si kecil...makanya prinsip saya adil itu tegas tanpa harus menjadi keras..
    Maaf meracau panjang lebar...dah lama ga mampir soalnya #alesan :D

    ReplyDelete
  2. suka banget mbaaaaakk parenting tipsnyaa
    *nyatet diingatan

    ReplyDelete

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^