Pages

Saturday, September 17, 2011

Fiksiku...

Wuiiiiih, lama juga nggak nulis-nulis di blog ini... kalau masalah nulis-nulis sie masih suka terutama nulis fiksi-fiksi. Walau sementara masih berupa ide mentah dan banyak yang belum jadi hehehe...

Tentang menulis fiksi, jadi inget dengan kumpulan puisi dan cerpenku yang akhirnya di cetak dan di akhirnya di jual juga :) ada yang tau kaaaan :D Yup, buku pertama dengan nama aku sebagai penulisnya, salah satu cita-cita yang akhirnya terwujud. Dan seneng juga karena dapet bonus karena ada yang beli. Yay!!



Sebenernya buku itu sampai sekarang masih bisa dibeli, tapi karena awal keinginan mencetak buku itu bukan untuk komersil jadinya untuk ajang promosi lumayan kurang banget. Cuman ketika pertama akhirnya buku itu cetak aja. Berkat bantuan dari nulis buku yang membantu mencetakkan dan socmed yang menjadi salah satu lahan untuk promosi, jadilah buku itu terjual beberapa eksemplar, dan itu sudah sangat menyenangkan.

Terlebih lagi ketika akhirnya ada beberapa sahabat narablog yang berbaik hati untuk buat reviewnya :) seperti Kang Yayat, Nining, Bang Aswi dan mungkin ada beberapa sahabat yang kelupaan aku sebut (maap kaaaaaan)

Aku menyebut 3 yang mereview karena ternyata reviewnya tersimpan di draft tulisan aku :)) Dan kemarin waktu ngoprek draft-draft yang ada jadi tertarik buat ngebahas sekalian dijadikan bahan buat update blog :D

Review dari kang Yayat nie, langsung mengacu pada salah satu cerpen (atau bisa dikatakan cerbung yah karena aku bagi jadi 4 judul) dimana disalah satu paragraf aku mendeskripsikan tokoh dari cerita itu dan kata kang Yayat aku seperti mendeskripsikan diriku sendiri :)) Jujur salah satu hal yang susah adalah mendeskripsikan tokoh secara fisik dengan cara yang apik, dan ditulisan itu memang sie ketika menuliskannya aku membayangkan diriku sendiri :D karena memang yang paling mudah adalah mengambil kita sebagai contohnya :) terlebih setelah bertanya ke beberapa orang "menurut kamu aku secara fisik gmn sie?" hehehe.

Aku pastinya senyum-senyum sendiri pas baca review kang Yayat :p

Terus review dari Nining, blogger juga yang awalnya aku nggak kenal sampai akhirnya dia kirim e-mail yang isinya dia udah baca buku aku. Wow!! aku nggak nyangka ada orang yang aku nggak kenal (karena kebanyakan pembelinya sie pasti kenalan dari FB atau Blog atau temen2 offline) Setelah email itu akhirnya berlanjut silahturahminya nambah melalui FB. Nining mengambil satu puisi dan satu cerpen/prosa yang dia suka dari buku aku itu.

Kata nining, buku aku itu bercerita tentang hati... hehehe ya iyalaaaah kan temanya cecintaaaaaaaaaaaaan :)

Dan ada juga review dari Bang Aswi, yang mendapatkan buku aku dari mbak Anaz karena dah menang lomba yang diadakan oleh mbak Anaz. Wah seneng looooh buku aku dijadikan hadiah terlebih lagi direview oleh pemenang lombanya :) Ada beberapa hal sie yang pengen aku koreksi dari review Bang Aswi, erm... isi dari buku itu memang ada beberapa yang termuat di blog aku tapi nggak semua, kesian kaaaan masa' beli buku yang isinya bisa dibaca secara gratisan :)

Beberapa dari sahabat yang sudah baca buku aku ada yang bertanya, tulisan-tulisan kamu itu kisah nyata??

Yang ada dalam buku itu, bisa dikatakan sebagian besar memang berdasarkan kisah nyata, walau tetap aku menamakannya fiksi karena banyak hal yang aku tambahkan. Karena yup, banyak hal yang terjadi disekitar aku, baik yang terjadi langsung pada diriku sendiri, atau bersinggungan langsung dengan aku, atau banyak juga yang aku seperti menjadi penontonnya.

Sering kali ketika sesuatu telah terjadi, dan kita terdapat pada waktu dimana memikirkan ulang semuanya, kita kadang akan memiliki skenario lain tentang apa yang terjadi tadi. Coba kalau......... misal tadi........ Nah bermula dari hal-hal seperti itu, cerita-cerita itu bergulir. Karena memang kita tak akan mungkin merubah apa yang sudah terjadi, maka aku kadang lebih sering menuangkannya dalam bentuk tulisan fiksi, pemicunya dari hal nyata yang terjadi kemudian aku, bertindak seperti Tuhan dalam tulisanku yang menjadikan semuanya terjadi seperti inginku :D

Itu kenapa aku tetap menyebutnya sebagai fiksi, walau mungkin ya... itu berdasarkan pada kisah nyata :)

Dan tentang puisi, apakah itu semua nyata atau benar-benar dirasakan oleh hati?

Penafsiran akan puisi lebih kompleks lagi, karena satu pembaca dengan pembaca lain bisa berbeda penafsiran walau tulisan itu hanya terdiri dari 4 bait saja. Terlebih dengan penulis, kadang pembaca mengartikannya tentang cecintaan dua insan manusia, tapi sebenarnya penulis ingin menyampaikan tentang kecintaan pada benda... nah looooooh :)) Jadi yang pasti puisi itu memang dari hati #tsaaaaaaaaah# tapi apakah penafsiran kita sama??? :p

Sedikit tentang tulisan-tulisan aku yang pengen aku share :D

Nb : perkembangan Baby Zi, ternyata diusia kandungan yang udah memasuki 37 minggu letak Baby Zi emang kepala udah dibawah tp belum masuk panggul :( tapi tetep semangat dan yakin bisa melahirkan secara normal kira-kira erm.... 3 mingguan lagi #degdegdegdegseeeeeeer# doakaaaaaaan ya :D **dan ini bukan fiksi looooh :p**

17 comments:

  1. wah akhirnya bisa bikin buku ya mbak.. selamat2.. :)

    Semoga proses melahirkan Baby Zi nya juga lancar ya .. :)

    ReplyDelete
  2. wah, bayinya dah mau lahiran ya..hm..ditunggu kabarnya deh.

    ReplyDelete
  3. kabarin yaaa kalo baby zi udah lahiiirrrr

    semoga lancaaaaar deh proses persalinannya.


    dari dulu aku pingin bikin postingan bukunya inge, tapi gak tau kenapa... gak sempat sempat
    hiks
    maap kaaaaan....

    ReplyDelete
  4. kami menanti kabar kelahiran baby zy
    smoga lancar dan sukses ya perjalanan bersalinnya ntar :D

    aq kok blum tau ya ing, ttg bukumu :( hikz.. ktinggalan info neh dhe

    ReplyDelete
  5. dah menjelang ya..?
    kita sama-sama lagi harap harap cemas dong menunggu kelahiran
    walau pasti lebih hebih untuk anak pertama...

    ReplyDelete
  6. selamat anda jadi seorang penulis

    ReplyDelete
  7. Hehhe...
    Jdi malu nih, Mba...
    Review Nining jg msh kurg tuh, Mba...
    Hehhee... Thx yaa...

    Semangat nulisnya, Mba...

    Untuk Babynya juga...
    Salam kenal ya...
    Semoga nanti Mba sama Babynya selamat...
    Aminnn...

    ReplyDelete
  8. haii nge...
    apa kabar^^
    moga baby zi nya sehat dan nanti lahirannya selamat^^

    sukses untuk bukunya ngee

    ReplyDelete
  9. Pengen bgt mengikuti jejak non inge bikin buku, kapan yaa...

    Semoga proses persalinannya nanti lancar ya Non :)

    ReplyDelete
  10. moga2 sehat selalu..
    ibu dan bayinya.. :D

    ReplyDelete
  11. semoga sukses dan sehat selalu ya mbak :)

    ReplyDelete
  12. sukses selalu ya nge...wah bentar lagi lahiran ya nge..moga l2ncar-lancar yaa...

    ReplyDelete
  13. wahh semoga dedenya lahirnya lancar ya mba ^_^

    hmm aku jadi pengen nulis buku juga ky mba Inge,heehee

    ReplyDelete
  14. Weww, mantap. . Cerita dan puisinya sudah dijadikan buku, jadi kepingin baca juga nih. Eh puisinya yg di Another side of Inge ya Mbak ?

    Selamat menunggu kelahiran jabang bayinya ya, semoga Allah memudahkan proses kelahiran itu.

    Maaf baru singgah disini :D

    Salam.. .

    ReplyDelete
  15. Belum punya bukunya itu #pengendibagi
    Eh, apa kabar dg si Dedek mbak?

    ReplyDelete
  16. wah lama nggak kesini jadi ketinggalan banyak berita yak.. >.<

    selamet atas bukunya dan calon dedeknya mba.. =)

    ReplyDelete

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^