Pages

Wednesday, October 26, 2011

Cinta Laki-laki Biasa

Cinta laki-laki biasa, sebuah cerpen karya Asma Nadia dari buku kumpulan cerpen dengan judul buku yang sama, salah satu cerpen yang udah aku baca sampai beberapa kali. Sebenarnya baca sampai beberapa kali bukan karena nggak ngerti dengan jalan ceritanya... tapi karena begitu suka dengan penuturan yang disampaikan oleh Asma Nadia tentang cinta.

Walau ada saja hal yang kurang sreg sih... karena menurutku cerpen itu masih seperti dongeng, meski nggak menutup kemungkinan peristiwa-peristiwa yang ada dalam cerpen itu ada juga dalam sebuah kenyataan. Bukankah cerita itu ada selain karena imajinasi penulis juga karena pengalaman yang dialami atau mungkin hal-hal yang dilihat oleh penulis, kan?

Aku suka dengan alur ceritanya, bahwa cinta sejati itu... hanya waktu yang akan membuktikan adanya.

Di cerpen ini Asma Nadia juga menunjukkan bahwa masih banyak orang yang menilai sebuah komitmen dari hal-hal yang berbau materi, kesuksesan.

Pasti seringkan mendengar seseorang yang ditanya 'kapan menikah?' dan yang ditanya menjawab 'ntar, kalau sudah mapan.' Nah pertanyaannya... mapan yang bagaimana? memiliki pekerjaan yang sukses? memiliki rumah? memiliki mobil? atau apa?

Menurutku tak ada yang salah dengan jawaban seperti itu, walau itu merupakan jawaban paling klise yang diberikan. :) Bukan karena aku sudah menikah ya, jadi berpendapat seperti itu, karena pertanyaan itu duluuuu juga sempat mampir ke aku ^^ dan jawaban aku, secepatnya!! :)) keliatan banget kalo ngebet yak wkwkwkwkwk

Kembali ke komitmen dan cinta, cieeeee bahasanya... memang dua hal yang sejalan tp juga dengan jalur yang mungkin sedikit berbeda. Komitmen itu biasanya lebih dipandang dengan menggunakan akal/logika, sedang cinta... yaaaaa sudah pada tau lah dipandanganya dari segi perasaan. Tapi ketika hanya cinta tanpa sebuah komitmen atau sebaliknya, sepertinya sebuah hubungan tidak akan berjalan dengan baik.

Komitmen dan cinta ini dalam cerpen cinta laki-laki biasa karya Asma Nadia tampak jelas pada tokoh Nania dan Rafli. Hal materi yang membedakan mereka tak membuat cinta mereka surut, walau keluarga Nania (dalam cerita ini yang lebih kaya) sedikit menentang, dan banyaknya bisik-bisik orang tentang ketimpangan mereka. Dan komitmen Rafli yang mencintai Nania tulus bukan karena hartanya tampak dari Rafli yang tetap bekerja, begitu juga Nania yang selalu berusaha tidak menyinggung perasaan Rafli jika berhubungan dengan harta.

Hingga keadaan berbalik. Ya... Allah maha kuasa, Ia bisa merubah segalanya semudah membalikkan telapak tangan, jika Ia berkehendak!

Komitmen serta cinta Nania dan Rafli diuji, jika awalnya Nania yang "berada diatas" dibandingkan Rafli namun karena satu peristiwa akhirnya Rafli lah yang bisa dikatakan "berada diatas" Nania. Gunjingan dan bisik-bisik orang tak surut karena peristiwa itu, tetapi yang membedakan adalah apa yang digunjingkan. Tapi semua itu ternyata tak menyurutkan komitmen dan cinta Nania, terlebih lagi Rafli.

Menurutku disinilah inti ceritanya, bahwa cinta dan komitmen tidak hanya sekedar yang diucapkan. Tapi membutuhkan pembuktian, dan bukan seperti pemilihan kepala negara atau kepala daerah yang pembuktiannya memiliki batas waktu tertentu, cinta dan komitmen batas waktunya adalah ajal. Ketika menerima seseorang kini, maka apapun yang terjadi nanti (hal terbaik bahkan terburuk) maka jika itu adalah sejati ia tak akan berubah.

4 comments:

  1. bila baca resume darimu ttg cerita itu, cinta, komitmen dan implementasi rasanya masih kurang De, karena disana justru sangat perlu rasa tanggung jawab atas cinta itu sendiri sebagai 'base' nya.

    Kenapa begitu, karena dalam tanggung jawab ada : rasa ihlas juga bhakti.

    Salam

    ReplyDelete
  2. aku jarang banget ngikutin novel apa cerpen fiksi
    termasuk asma nadia
    mungkin itu sebabnya kenapa aku didepan dari kontaknya di mulkipli
    padahal dah berteman sejak 2007
    halah...

    ReplyDelete
  3. hai mommy :) apa kabar :D
    Allah maha kuasa,maha berkehendak.
    Gimana kabar juniornya inge :D

    ReplyDelete

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^