Pages

Tuesday, July 2, 2013

Man saara ala darbi washala

Man saara ala darbi washala
~ Siapa yang berjalan di jalannya akan sampai di tujuan

Itu "mantra" yang ada di buku Rantau 1 Muara, buku ketiga dari trilogi Negeri 5 Menara.

Sejak baca buku pertamanya aku sudah jatuh cinta dengan cerita yang disajikan. Semacam membaca buku diary seseorang yang diceritakan dengan bahasa yang enak (buatku). Terlebih walau trilogi ini merupakan buku fiksi tapi seperti ada bagian-bagian yang benar terjadi pada panulisnya.

Suka dengan ceritanya karena kehidupan tokoh yang digambarkan benar-benar membuat aku berpikir bahwa memang apa yang dituliskan semuanya nyata. Tidak melulu bahagia, tapi juga tidak melulu sedih dan merana. Selalu akan ada penggambaran bagaimana Alif, tokoh utamanya, berjuang untuk mendapatkan yang dia inginkan.

Alif-pun tidak digambarkan sebagai tokoh yang tampil sempurna, agamis, bijak dll... tapi ya... tokoh yang menggambarkan manusia biasa, punya rasa sombong, iri, gengsi dll... Hingga akhirnya dari sifat negatif yang ditunjukkan dia mendapat ganjaran tersendiri, dan itu membuatnya belajar untuk menghapus hal buruk yang melekat padanya.

Buku ketiga ini lebih banyak disisipkan masalah cinta, mencari jodoh dan bagaimana setelah menikah. Nah tuh, yang jomblo wajib baca deh ya... #dikeplak para jomblowan jomblowati :))

Walau penggambaran tokoh dan apa yang terjadi begitu natural, tapi aku selalu berpikir bahwa tokoh Alif nie keberuntungannya guedeeee banget :)) meskipun dicerita digambarkan juga bahwa semua tidak semata-mata karena keberuntungan, kalau mau ringkasnya dia melakukan dua hal wajib : doa dan ikhtiar. Tapi tetep deeeeeh, rasanya Fuadi eh Alif nie merupakan orang yang beruntung banget!!

Yang pasti dari 3 buku ini banyak pelajaran yang bisa diambil deh :D

*review sementara sebelum dipindah ke blog bukuku.*

No comments:

Post a Comment

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^