Pages

Thursday, March 6, 2014

Rebutan

Rebutan, mungkin itu hal yang biasa ya kalau lihat anak kecil melakukannya. Tapi saya, berusaha ajari anak-anak untuk tidak merebut.

Kadang saya suka dongkol sendiri misal ada anak yang sukanya ngerebut apa saja yang dipegang anak lain, dan lebih dongkol lagi kalau orang tua tuh anak tau eh tapi diem aja.

Dulu, sebelum usianya masuk 2 tahun, Ziandra kalau mainannya direbut oleh anak lain dia bisa dikatakan mengalah. Tapi semakin bertambah usianya Ziandra mulai mempertahankan apa yang dia pegang, walau sampai sekarang pun masih sering ngalah apalagi kalau yang ngambil anak yang dia gak kenal. Nah, itu ngalah apa takut?

Kalau di rumah, Ziandra bisa rebutan sama adiknya. Kalau adiknya ngerebut mainannya dia pasti akan mempertahankan. Begitu juga kalo dirumah uti dan ada ponakan yang suka ngerebut barang yang dipegang Ziandra, dia akan mempertahankan.

Jadi bisa dikatakan dia masih takut mempertahankan barang miliknya kalau yang ngerebut anak yang dia rasa nggak dia kenal.

Dulu, saya mungkin akan turun tangan walau nggak ekstrim ngerebut mainan yang tadinya dipegang Ziandra. Saya cuman datengin Ziandra dan bilang "nggak apa-apa mba'/mas nya pinjam, gantian ya". Dan yang ada Ziandra jadi noleh ke saya kalo misal mainannya direbut.

Akhir-akhir ini, saya mulai membiarkan Ziandra "mengatasi" sendiri masalahnya. Akhirnya sekarang Ziandra mulai berani mempertahankan miliknya, dia mulai berani merebut kalau mainannya direbut.

Terus jadinya rebutan donk. Yup! Dan itu aku diamkan, selama Ziandra berusaha mempertahankan miliknya. Bukan dia merebut mainan yang awalnya bukan dia pegang.

Jadi, mungkin sekarang saya berterima kasih sama anak yang suka ngerebut #laaah. Karena dengan adanya mereka Ziandra jadi belajar mempertahankan miliknya, dan dari mereka bisa kasih contoh kalau merebut itu nggak baik. :D

Ngajari bertahan, gantian/ngalah, dan berbagi. Semoga nantinya Ziandra bisa memilah mana saat dia harus mempertahankan miliknya, mana  saat dia harus ngalah. :)

1 comment:

  1. Mudah mudahan gedenya jadi anak yang adil dan sabar jadi gak suka rebutan.

    ReplyDelete

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^