Pages

Friday, July 12, 2013

Terinspirasi

Beberapa waktu lalu sempat menyimak di twitter tentang sebuah buku yang dikatakan hasil plagiat. Bukan hanya kali ini sih, tetapi udah beberapa kali. Khasus semacam plagiat ini sepertinya memang nggak bisa hilang dari dunia perbukuan. Seperti menunggu kejelian orang, untuk akhirnya terungkap.

Mungkin alasan yang paling jamak digunakan adalah "terinspirasi". Lantas kalau sudah begitu apakah salah?

Aku sebagai salah satu orang yang juga suka menulis cerita, kadang memang terinspirasi dari penulis-penulis favoritku. Mungkin awalnya dari cara penulis itu bercerita lewat tulisannya, gaya menulisnya. Tetapi tentunya nggak akan terus menerus seperti itu, karena pastinya harus melatih diri sehingga menemukan gaya menulis yang memang gayaku. Dan sampai sekarang masih terus belajar. :)

Kalau tentang ide, yang terpenting mungkin bagaimana kita mengembangkan sebuah ide. Ide kan kadang datang dari buku yang kita baca, nggak menutup kemungkinan kan? Nah tinggal bagaimana kita memaparkannya sehingga menciptakan sesuatu yang baru dan khas dengan diri kita.

Naaaah, beberapa waktu belakangan ini, aku memang lebih banyak membaca daripada menulis. Tak perlu dijelaskan mengapa, hehehe. Dan anehnya, dibeberapa buku yang aku baca (yang termasuk golongan buku baru, terbitan 2012-2013) aku menemukan inti cerita yang sama dari 2 buku, tapi menariknya masing-masing memaparkannya dengan gaya penulisan yang berbeda.

Misal aku baca dua buku itu tidak dalam waktu berdekatan, mungkiiiin nggak akan ada yang namanya "bosan". Tapi "kebosanan" itu juga terselamatkan dari gaya bercerita yang berbeda. :)

Dan entah kenapa, akhir2 ini banyak buku yang ketika aku baca mengingatkan ama buku yang beberapa waktu sebelumnya aku baca. Seperti : Time Will Tell yang 1 buku ini berisi 2 cerita dan cerita pertama mirip buku Reuni, cerita ke 2 mirip buku My Cup of Tea.

Apa kamu juga pernah menemukan buku dng tema yang mirip?

1 comment:

  1. Mirip cerita sinetron atau ftv yah neng? Tema dan idenya samaa.. Tapi cara menceritakannya beda.. :)

    ReplyDelete

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^