Pages

Friday, December 10, 2010

Ngikuuuuut?!

Oke, dari mana cerita ini akan dimulai? Kok bingung yah... hmmm...

Sebenernya sie cuman mau menceritakan tentang satu hal yang baru-baru ini aku ikuti. Apakah ituuuuuu?

Sepertinya kemaren-kemaren dah sempet aku sebut-sebut dech. Masa' nggak tau?

*belagak bikin penasaran* *mulai dilemarin telur ama narablog karena mulai meng-GJ*

Ituuuuuu loh... tentang 30 Hari Menulis Puisi atau kalau di twitter pake hastag #30haripuisi.

Awalnya aku cuman ngeliatin update tweets dari salah seorang temen yang demen banget bikin puisi @hazziran dan ada hastag #30haripuisi, karena sebelumnya aku pernah juga tau kalau ada acara #30harimenulis juga aku pikir ini juga sama aja, bedanya ini yang ditulis adalah puisi.

Sedangkan waktu itu aku sudah punya blog baru Another Side Of Inge yang memang isinya tulisan yang sahabat bilang itu puisi *belum berani mengakui sendiri kalau itu puisi -_-"* dan di blog itu memang aku berencana tiap hari harus ada satu postingan, jadi secara nggak langsung udah memenuhi syarat tanpa perlu nimbrung di twitter :D

Tapi ternyata... setelah mengikuti updatean twitternya, untuk kegiatan 30 Hari Menulis Puisi itu ada hal yang berbeda saudara-saudara! Bedanya adalah TEMAnya DITENTUKAN!

Nah ini yang seruuuuuu!  Ini bukan hanya tentang mengatur mood, walau ndak mood tetap bisa menghasilkan tulisan, tapi lebih-lebih lagi... ini harus bisa menuangkan tulisan walau tema yang diberikan tidak sejalan dengan apa yang dirasakan.  Seruuuuu!

Belum lagi kalau tiba-tiba temanya nyeleneh, seperti Batu dan Pucat -_-" terlebih buat aku yang kurang bisa bermain analogi *tepok jidad ala Ria!*

Naaaaah, berawal cuman dari ikut-ikutan itu... selain aku publish di blog dan hasilnya aku share di twitter aku juga share di Facebook, lumayan kaaaaan buat ajang promosi.

Di Facebook ini awalnya aku share melalui wallku dan kemudian merambah ke Group Blogger di FB. Dan sepertinya kalau di FB walau namanya di Group Blogger tetep aja ya komentarnya di Link yang kita pasang bukan di blognya *nyengir menyadari sesuatu* dan disini aku ajak-ajak juga, sapa yang mau ikutan ^^

Setelah hari ke... erm... berapa ya... ke empat kaya'nya ada comment dari Mba' Irma "Senja" bilang mau ikutan :)

Waaaaaah seneng donk *sampe jejingkrakan keliling rumah, boong dink* Akhirnyaaaa ada temennya dari blogger yang aku kenal yang ikutan :)

Dan tau nggak mba' Irma dalam 5 menit langsung buat satu puisi! Kereeeeeen. Kalo mau liat puisi-puisi mba' Irma selain di blogspotnya juga ada  di blog WP punya mba' Irma, yang tetap punya nama SENJA.

Semangaaaaat mba' Irma! Pasti bisa mengalahkan mood!!

Terusssss tadi pagi ada Chika juga yang comment di Group Blogger yang katanya mau ikutan juga ^^ Tanya-tanya gimana caranya, dan langsung aku jelasin dalam 1 komentar dan hebatnya, Chika langsung melesat dech dan membuat puisi.

Nggak berapa lama ada link masuk di wall FB aku dan itu dari Chika!! Cepeeeet abizzzz!!

Dan setelah cek di Rumah Chika dan mendapati Chika udah buat 3 puisi. Hebat euy!

Nah... sahabat yang lain ada yang mau ikutan juga??? Yukz mari...

Caranya gampang :

1. Posting diblog sahabat 1 puisi tiap satu hari dengan tema yang sudah ditentukan.

masalah tema, sahabat bisa tau lewat blog Another Side Of Inge, tapi ini mungkin akhirnya agak telat kalau aku setor tulisannya malem -_-"
atau bisa juga lewat FB aku, di Non Inge >> ini kudu masuk Friends list dulu -_-"
atau bisa juga lewat twitter aku, mention @n0n1n9e

2. Kalau dari FB atau twitter, setelah posting... publish juga di dua jejaring itu. Atau kasih linknya ke aku ntar aku perkenalkan ke temen2 di twitter ^^

3. Ini tidak bersifat mengikat atau membebani, cuman untuk berlatih menulis dan menguasai mood (ini kalo aku sie hehe) dan tidak ada penilaian /penjurian karena ini bukan kontes/lomba ^^

Ini sudah hari ke 7 untuk perhelatan 30 Hari Menulis Puisi.
dan tema-tema sampai hari ini adalah :

1. Perjalanan
2. Hujan
3. Batu
4. Pucat
5. Senja / Tujuh >> pilih salah satu
                                          atau buat 2  atau menggabungkan ke2nya jg boleh ^^
6. Benci
7. Mungkin

Nah yuuuuukz... sapa lagi yang mau ngikuuuuuuut?! ^^

43 comments:

  1. waduh, gak bisa bikin puisi nih.... :-(

    ReplyDelete
  2. hemmmm,....semangat menulismu luar biasa dik ^^

    temanya 'mungkin' ya....? hemmm,...belum buat nih :(
    bnr bgt inge,..menguasai mood,buat puisi menurut ku main bgt di feeling,..nah disini gmn caranya buat puisi dgn tema ditentukan,gak mudah untuk org yg menulis cm mengandalkan feeling sepertiku :)

    ReplyDelete
  3. mau ngikuttttttttt
    :)

    ReplyDelete
  4. hmmmm.. luar biasa semngat menulisnya ... klo ini emang kudu mood heheh klo gak??? KLo ditentukan temanya pasti lebh selektif lagi yg memilik hehhee....

    Semngat ...

    ReplyDelete
  5. hehehe
    chika yang temanya mungkin belum buat nge :D
    insyaAllah ini mau buat...

    agak bingung juga buat puisi yang temanya ditentukan **wkekee biasa buat puisi semaunya**

    ReplyDelete
  6. pengen nyoba, tapi ngga bisa buat puisi, tunggu PD nya keluar akh heehee

    ReplyDelete
  7. geleng geleng kepala aja wes

    aku paling gak bisa disuruh bikin puisi

    ReplyDelete
  8. saya hanya mau bilang terima kasih telah memberitahu group blogger di FB, saya nyari2 group seperti ini :D

    ReplyDelete
  9. hihihi.. ampuun dah kalo ikut bikin puisi.. saya cuman bisa menyemangati aja.. ayoo ayoo semangaaat #tereak2 ala cheers

    ReplyDelete
  10. temanya sendiri sudah bisa dirangkai jadi satu baris kalimat puisi...

    ReplyDelete
  11. klo puisi, aku nyerah dee :D
    serahkan pada yg ahli aja >> non inge :D
    sukses yaa...

    ReplyDelete
  12. hehhe, bikin puisi ya mbak...
    aku paling susah bikin puisi.. :(
    Tapi aku mau berusaha mulai belajar bikin...
    walau belum ikut 30 hari menulis puisi,,

    Semangat!!

    ReplyDelete
  13. n Salut buat puisi Mbak Inge yang Keren selalu..
    makasih ya mbak dah komen di blogku.. :)

    ReplyDelete
  14. 1 hari menerbitkan 1 puisi...?
    sepertinya gak cocok deh utk Penghuni60, coz blog Penghuni60 bkn blog puisi artinya gak blh posting dgn 1 tema yaitu puisi.
    jujur sih, kalo blh nyombong, aku bs kok nulis puisi tiap hari...
    hehe... :D

    mungkin lain kali deh..
    moga km menang ya...

    SEMANGAAAAAAT!!!

    ReplyDelete
  15. wah yg semangat buat puisi. hehee...

    ReplyDelete
  16. kayaknya saya mau ikutan ah, tapi temanya yang seputar sentiL-menyentiL. biar para anonim ikutan nimbung nyimak puisi saya. wkwkwkwk...

    yowes, saya tak meLuncur ke KTP eh TKP duLu. soaLe kaLo enggak saLah (berarti bener0 kemarin baru nyimak sampe di puisi ke-3 atau ke-4, gitu deeeh.

    ReplyDelete
  17. tak komeng di TKP kok katanya; "error: pLease enter valid emaiL address".
    padahaL ngisi formuLirnya udah okok seperti kemarin, mungkin wordpress Lagi error kaLi yah.
    komennya rapeL disini aja deh. :))

    Perjalanan :
    interupsi; juduLnya diganti yah (menunggu).
    menunggu mu waLau seLaLu bLa..bLa..bLa..
    *cuma mau numpang nyanyi Lagu dungdat. seLaLu teringat Lagu dungdat, soaLnya emang aLirannya serah kaLi yah. :))

    Hujan :
    rinai penyejuk hati, menentram jiwa. saat bersama-Nya.

    Batu :
    biarLah ku menjadi penyapu hempasan debu itu.
    *kayak pembantu. :D

    Pucat :
    secangkir kopi pucat tak bergairah
    tanpa warna pekat namun ku suka
    secangkir kopi mix tanpa ampas, mantap :))

    Senja / Tujuh :
    #horeee...., aku pandai berhitung. niLai 100 dong. *njungkeL*.

    Benci :
    tuang hampa terbangkan rasa kecewa
    berLaLu bersama hembusan seribu peLuh
    umbar kata itu hanya di daLam hati sembunyikan dari netra.

    Mungkin :
    antara hitam putih menjadi tanda tanya
    meLingkar terpotong bersama kata tanya, mungkin?

    ReplyDelete
  18. Buat puisi bagiku sulit, apalagi dg teman yg ditentukan spt itu. Jadi, aku memilih utk tidak ikutan aja lah... hahaha

    ReplyDelete
  19. Untuk yg ikutan... (Mbak Inge, mbak Irma dan mbak Chika)... semangat ya..!
    semoga bener2 berhasil membuat puisi dlm 30 hari..!
    Tantangan harus ditaklukkan... :)

    ReplyDelete
  20. wahhh... sayang,,, gak bisa ngebuat puisi..

    ReplyDelete
  21. Wah...kayaknya seru juga neh klo ikutan. Tapi bener kata Mba Senja...semangat menulis Mba Inge luar biasa....

    Salam hangat & sehat selalu

    ReplyDelete
  22. maaf, Denuzz gak jago bkin puisi... nanti temen-temen baca puisi Denuzz malah mual-mual...


    Salam BURUNG HANTU...Cuit.. Cuit... Cuit...

    ReplyDelete
  23. @ Penghuni 60
    ini bukan suatu lomba atau kontes hanya mencoba belajar bersama, mengendalikan mood ^^

    ya ndak apa toh, satu hari postingannya dua, yang satu puisi yang satu yang sesuai dengan tema blog ^^/

    karena ini bukan untuk menarik banyak pengunjung hanya untuk melatih menulis :)

    ReplyDelete
  24. @ Om Rame
    bisa koq Ooooooom... udah masuk semua disana
    matur tengkyu yah :D

    ReplyDelete
  25. me? nah!
    i can't do poeting so much

    ReplyDelete
  26. angkat tangan deh kalo ngomong puisi :)

    ReplyDelete
  27. okay, nanti tak coba Lagi. semoga sukses. amin...

    ReplyDelete
  28. aduh....
    saya nggak bisa bikin puisi nih....
    bikin pantun aja yah....
    :D

    ReplyDelete
  29. hmmm... yang demen ama puisi :D

    kapan2 bikin untuk warga KJ ya *maksa.com :P

    ReplyDelete
  30. waduh aku blm bgtu pinter nulis puisi ,ehehe Smangat nge :D

    ReplyDelete
  31. Dalam membuat puisi memang selalu harus dapat menguasai dan mengatur mood, apalagi untuk memancingnya.

    Harus banyak blajar dalam menuangkan kata-kata dalam membuat puisi yang baik nich mbak

    Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka, kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.


    Salam

    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  32. saya baru belajar menulis puisi..
    sebenarnya kepikiran untuk buat puisi lama(yang ada sajaknya) hanya saja belum bisa karena masih awam..

    trade link bisa g kak??

    ReplyDelete
  33. pengen ikuuut tapi aku paling susah kalo disuruh bikin puisi.. ngga bisa mainin kata-katanya. >.<

    ReplyDelete
  34. biasanya org yg jago bikin puisi adalah org yg romantis dan saya ga romantis. hahaha

    ReplyDelete
  35. ngikuuut... Have a nice weekend Inge!

    ReplyDelete
  36. gk bakat puisi saya ...
    -.-

    ReplyDelete
  37. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ——
    Nyerah mbak..gak kuat..
    hihi...

    oh ya td mampir ke blognya mba rei,,puisinya ajib..alirannya Om Bachri...
    ——

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد – صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    ReplyDelete
  38. Salam Sahabat Common Cyber
    *****************************

    ComCyb gak ikutan mbak..

    Tp buat mbak Inge semoga bisa mengalahkan MOOD..

    Hehehe..nanti bisa-bisa puisinya dibukuin ini mah..hihii

    ReplyDelete
  39. mendingan ikut ini, inge. lewat 30 hari masih terus bikin puisi. daripada ikutan hari anti korupsi, harinya belom abis aja dah mulai korupsi lagi. heheh maap oot...

    ReplyDelete
  40. seneng ya Inge, kalau bisa nulis puisi.
    gak usah 30 hari, setiap haripun bisa ya nulis puisi .........
    duh, jadi iri dgn orang2 yg pandai merangkai kata jadi kalimat2 nan indah dlm puisi
    salam

    ReplyDelete
  41. Berkunjung salam kenal....ditunggu kunjungannya terimakasih.

    ReplyDelete

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^