Pages

Tuesday, January 10, 2012

Keyakinan dan semangat

Penutupan tahun 2011 dan penyambutan tahun 2012 ku bisa dikatakan benar-benar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Yup, karena penutupan tahun 2011, pas tanggal 31 aku ada di salah satu RS. Bukaaaaan... nggak ada yang sakit kok, tapi lagi nungguin kakak ipar yang lagi lahiran.

Sebenarnya proses lahirannya siang, sekitar jam 11an, tapi aku belum bisa langsung pulang begitu baby nya lahir. Karena proses lahirannya melalui operasi dan ibu'nya pengen babynya jangan sampe minum sufor. Jadilah aku jaga-jaga disana kalo begitu kakak ipar sadar dan ternyata belum bisa menyusui, aku siap sumbang ASI untuk babynya.

Ternyata oh ternyata baby baru bisa ketemu ibunya keesokan harinya (tgl. 010112) itu info dari perawat. Jadi waktu ibu sudah sadar dan dipindah dari ICU tetep belum bisa menyusui. Tadinya udah mau pulang, kesian Baby Zi. Yup, Zian ikut!! Karena Baby Zi emang g bisa ditinggal-tinggal karena masih ASI Eksklusif. Tapi ternyata hujaaaaan dan didepan RS banjir sampe sekitar selutut, jadilah kita terkurung di RS. Untung aja Baby Zi nggak rewel, alhamdulillah.

Saat udah mulai masuk isya', suami dari kakak ipar nengokin anaknya di ruang baby. Daaaan sedih banget waktu tau ternyata baby nya udah dikasih air gula :( padahal waktu udah lahiran kita udah bikin perjanjian ama pihak RS (terutama bidan yg nungguin babynya) kalau nanti si ibu' nggak bisa menyusui ada tantenya yang siap sumbang ASI.

Akhirnya sekitar jam 9 malam, aku diijinkan buat masuk ke ruang baby dan bisa nyusuin babynya kakak ipar, dan karena aku nggak mungkin ada disana setiap saat jadinya juga merah ASInya dan disimpan di botol, supaya babynya nggak dikasih asupan asupan yang aneh-aneh lagi.

Besoknya dapet kabar dari kakak ipar kalo sama dokter spesialis anak yang periksa babynya, ASI yang aku perah nggak boleh dikasihkan karena bisa buat baby malas menyusu langsung ke ibunya. Jadi si ibu harus belajar untuk menyusui dan harus sabar kalau ASInya belum keluar dan harus sedikit tega ke anaknya. Hmmm... agak bingung juga sie mau komentar gimana, karena itu saran dsa nya. Dan akhirnya pas tanggal 2 karena aku belum bisa tengok lagi ke RS dapet kabar kalo ama kakak ipar akhirnya babynya dikasih sufor :(( duuuuuuh, sedih dengernya. Kan ASInya masih ada yang aku perah, kenapa harus dikasih sufor :((

Tapi mau gimana lagi, niatnya bantu... diterima atau tidak ya... kita nggak bisa memaksa.

Itu cerita dari kakak ipar, sedang tanggal 010112  jam 1500 adek ipar juga sudah mulai proses melahirkan, dan aku cuman bisa nungguin sampe jam 2100. Nggak bisa sampe lahiran karena aku sendiri masih capek dan kasihan juga Ziannya.

Baby lahir tgl 020112 jam 00.30an, alhamdulillah normal. Tapi karena ayah dan ibu baby nggak koordinasi sama aku n pihak RS jadinya babynya dikasih sufor :( daaaan ternyata babynya alergi :( Karena lahiran normal, jadinya tanggal 030112 udah boleh pulang. Ayah dan ibu babynya nggak lagi kasih sufor, karena pengennya cuman ASI aja, daaaan ASInya ibu'nya sama sekali nggak keluar, kalaupun keluar dikiiiit banget... jadinya baby sering nangis karena laper :((

Aku udah coba tawarin aku susuin, tapi ayah n ibunya kurang berkenan sampai akhirnya malam pertama baby di rumah nggak bisa tidur semalaman, nangis terus... baru dech besoknya mau aku kasih ASI ku. Sediiiih banget... kenapa nunggu sampe babynya nangis semalaman :((

Jadi sekarang bisa dibilang baby Zi udah punya 2 adek cewek. Adek sepersusuan :)

Alhamdulillah... sekarang para ibu (kakak n adek ipar) ASInya udah mulai keluar banyak :)

Kalau ada yang tanya, apa aku nggak takut ASI ku habis... kan rencananya Baby Zi diberi ASI eksklusif 6bln dan lanjut MPASI sampai 2thn.

InsyaALLAH nggak. Karena "ASI is supply on demand" semakin banyak disusukan, maka akan semakin banyak produksinya, insyaALLAH... amiiiin :) Kuncinya hanya ibu nggak boleh pake acara diet daaaaan harus yakin dan semangat :)



Update perkembangan baby Zi :

- Makin seneng ngoceh... sekarang suaranya seperti aclaaa... menggerakkan lidahnya kalau bicara jadi ocehannya semakin beragam walau belum dalam bentuk kata.

- Makin pinter kalo belajar tengkurap, kadang bisa seperti mau telentang sendiri... tapi teteeeep... kesusahan balikin pant*tnya :))

- Berat badan sekitar 7.5kg, pastinya baru nanti sore timbang + imunisasi :D

- Sekarang mulai ngenyot jempolnya... eeeeh.... g ada yg ngajarin tp kok tiba-tiba bisa aja gitu masukin jempol dengan gampang kedalam mulut, apalagi kalo pas nggak ada yg ajak omong :s Maknya harus waspada dan sering-sering ngelepas kalau udah mulai acara ngenyot mengenyot :))

5 comments:

  1. wah ortu lagi panen cucu dong...

    ReplyDelete
  2. Wah senengnya Baby Zi punya banyak sodara :)
    Baby Zi sehat dan menggemaskan Mbak
    lama saya nggak mampir kesini
    Kangen :)

    ReplyDelete
  3. hhm.... masih kecil udah 7,5... HEBAT DEH!!!

    perjuangan memberikan ASI eksklusif dan terutama Inisiasi Dini ternyata tidak banyak didukung oleh pihak rumah sakit yaaa

    dimana mana juga gitu

    ReplyDelete
  4. emm fotonya si adhe bayinya lucu >_< jadi gemes hehe

    ReplyDelete
  5. sebel emang klo udh berurusan dgn pihak rmh sakit yg gk pro asi. miza dlu jga kena sufor krn aku lahiran caesar. alhamdulillah, pas dikasih asi lgsg mau.

    ReplyDelete

makaci udah mampir di CyBer dReaM bOx
berbagi yukz, lewat komentar ^^
*moderasi dulu yah :p*
happy blogging ^^

no SPAM yak >.<

have a nice day everydaaaaaay ^^